Minggu, 02 Desember 2012

Makanan Khas Korea


1. Bulgogi

http://www.trifood.com/bulgogi.asp
Kalo di Indonesia, kita biasa mengenal Rendang sebagai lauk dari daging sapi. Pecinta Rendang seperti saya harus merasakan masakan yang satu ini; Bulgogi. Bulgogi atau daging sapi yang dimasak dan dipanggang menjadi salah satu masakan favorit saya, karena selain rasanya yang lezat dan khas Korea, cara menyantapnya pun berbeda. Ini yang harus digaris bawahi, cara menikmatinya yang berbeda!!
Bulgogi biasanya di hidangkan dengan sayuran seperti selada air atau sawi, dan sayuran ini digunakan untuk membungkus Bulgogi. Bungkusan sayur dan Bulgogi tadi dimakan sekaligus sekali suap. Nyam, Nyam, Nyam!! Selain enak dan lezat, Bulgogi juga sehat :-) . Ritual menikmati Bulgogi yang berbeda ini membuat Bulgogi menjadi makanan unik dan wajib disantap.


Makanan kedua yang ingin dan wajib dicoba, tak lain dan tak bukan adalah:

2. Kimchi Chigae

http://www.trifood.com/kimchichigae.asp
Pertama kali yang membuat saya mengingat Kimchi adalah karena namanya yang catchy, lucu dan mudah diingat, apalagi di beberapa drama selalu ada adegan makan atau memasak Kimchi. Lama-lama saya penasaran juga seperti apa sih Kimchi??
Kimchi yang pernah saya coba adalah Kimchi Chigae. Kimchi berkuah yang didalamnya ada tahu, sayur, juga daging. Wah ternyata, kimchi ini salah satu makanan yang bikin kita segar karena kuahnya yang seperti sop dan sehat karena isinya yang full protein. Apalagi kalau Kimchi ini dimakan selagi hangat, rasanya yang agak pedas bisa bikin kita panen keringat :-) .
Sayangnya Kimchi yang saya makan adalah Kimchi made in Bandung, walaupun bahan tahunya adalah Tahu Susu Lembang yang terkenal empuk, tapi tetap saja rasanya pasti berbeda dengan Kimchi asli Korea. Dalam hati, saya mencatat, ini nih salah satu makanan yang masuk list WAJIB DICOBA jika saya ke Korea. ^__^
Dan makanan terakhir adalah…


3. Tukbokki

http://www.trifood.com/tukbokki.asp
Sejak lihat makanan ini di drama-drama, rasanya saya langsung ‘ngiler’, ‘mupeng’, dan tergiur pengen menyicipi ini. Rasanya pengen mencoba memakannya langsung dari wajah, lalu dicelup-celupkan ke saosnya. Kalau di dalam drama, makanan ini sering dijajakan di jajanan kaki lima dan kelihatannya enak sekali. Apalagi dengan uapnya yang masih mengepul. Sayangnya, saya belum pernah mencoba :-( .
Jajanan Tukbokki ini yang sebenarnya jadi list teratas di ingatan saya untuk dinikmati di Korea dan kalau bisa dibungkus untuk dibawa pulang ke Indonesia :-) .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar